Sunday 21 July 2013

PINTU-PINTU SYURGA

Puasa
Bismillahirrahmanirrahim

Puasa adalah belenggu bagi orang2 yang bertaqwa dan taman2 bagi orang2 yang berbuat baik dan orang2 yang mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala.

Tidaklah pantas jika Anda memotong puasa bulan Ramadhan dengan Anda meninggalkan pahala2 sunnah2 dan meninggalkan memperoleh derajat luhur dalam surga2 firdaus (surga paling tinggi hingga tingkat tengah, Ka'ab telah berkata : tiada surga yang lebih tinggi dari surga firdaus, di dalamnya orang2 yang memerintahkan berbuat baik, dan orang2 yang mencegah kemungkaran) maka Anda akan rugi tatkala melihat tempat2 orang2 yang berpuasa seperti halnya Anda melihat bintang2 gemerlapan, dan mereka berada di tempat paling tinggi.

Dalam suatu hadits : sesungguhnya di surga terdapat pintu yang disebut dengan "Royyan" orang2 yang berpuasa masuk dari pintu tersebut pada hari Jum'at tiada seseorang yang dapat masuk selain mereka, setelah mereka masuk maka dikuncilah pintu tersebut, dan tiada seseorang yang bisa masuk.

Dalam hadits tersebut lagi : dalam surga terdapat pintu yang disebut "ad Dluha" dan ketika Hari Kiamat tiba, malaikat penyeru menyeru : "manakah orang2 yang melanggengkan sholat dhuha? inilah pintu kalian, masuklah kalian !" kemudian mereka masuk.

Dan disebutkan pula dalam hadits tersebut : dalam syurga terdapat suatu pintu yang disebut "al Farh" tiada orang yang dapat masuk ke dalamnya kecuali orang-orang yang membuat senang anak-anak. (bungah)

Hasilnya, sesungguhnya tiap-tiap banyaknya macam ibadah dikhususkan suatu pintu yang Malaikat penyeru menyeru darinya sebagai balasan.

Dan setiap orang yang mengumpulkan amal dengan segala macam ketaatan akan diajak ke semua pintu karena memuliakannya.

Dan tiada orang2 yang masuk kecuali dari satu pintu saja, yakni pintu yang mana suatu amal ibadah mengalahkan amal lainnya (amal yang paling banyak).

Wallahu a'lam bissawab
★Disarikan dari adab berpuasa, Maraqil Ubudiyah, syaikh Nawawi al Jawi

No comments:

Post a Comment

terimakasih komentarnya,, disarankan komentar sopan, dan setiap komentar ditanggung sendiri-sendiri