Monday 6 March 2017

BEGINILAH SAAT KELUARNYA RUH


Diriwayatkan dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bahwasannya beliau bersabda : "Tidak akan keluar ruh seorang mukmin hingga ia melihat tempatnya di syurga, dan tidak akan keluar ruh seorang kafir, hingga ia melihat tempatnya di neraka".
Para Sahabat pun bertanya : "Wahai Rasulallah bagaimanakah seorang mukmin melihat tempatnya di syurga dan orang kafir melihat tempatnya di neraka?"
Nabi alaihissholatu wassalamu pun menjawab : "Allah menciptakan Jibril a.s. dalam sebagus-bagus rupa, dan diberikan pada Jibril a.s. 600 sayap, dan di antaranya ada dua sayap yang keduanya berwarna hijau seperti sayap burung merak".
"Ketika ia membentangkan sayap, maka gemerlaplah antara langit dan bumi. Dan pada sayap kanannya telah ditulis gambaran surga dan isinya yaitu ; bidadari, istana-istana, pemuda-pemudi, anak-anak."
"Pada sayap kirinya tergambar gambaran Jahannam dan isinya, yaitu ular-ular, kalajengking, tingkatan-tingkatan dan malaikat Zabaniyyah."
"Saat ajal seorang hamba datang, maka masuklah segolongan malaikat melalui urat darahnya, dan menarik ruh dari telapak tangan sampai lututnya, keluarlah segolongan pertama dan segolongan malaikat kedua masuk, mencabut ruh dari lutut sampai pusar, keluarlah segolongan kedua itu dan masuk segolongan ketiga, mencabut ruh dari perut sampai dada, keluarlah segolongan ketiga dan masuklah segolongan keempat dan mencabut ruh dari dada hingga tenggorokan, seperti firman Allah :
فلولا إذا بلغت الخلقوم، وانتم حينئذ تنظرون
falaula idzaa balaghatil hulqum, wa antum hinaidzin tandzuruun."

"Ketika itu, jika orang yang menghadapi sakaratul maut tersebut adalah seorang mukmin, maka Jibril a.s. membentangkan sayap kanannya, dan ia melihat tempatnya yang tergambar disayap tersebut, ia pun terpesona, terus menatap dan tiada menatap lainnya, ibu, bapak ataupun anak-anaknya karena cintanya pada tempat itu."
"Dan ketika orang yang sakarat itu orang kafir (ingkar) maka Jibril a.s membentangkan sayap kirinya, kemudian ia melihat gambaran pada sayap tersebut, dan terus memandangnya, tidak bisa melihat yang lain seperti bapak, ibu dan anak2nya karena ketakutan dengan tempat tersebut, maka beruntunglah bagi orang yang kuburnya sebagai taman dari taman2 syurga, dan celakalah bagi orang yang kuburnya sebagai suatu lubang dari lubang neraka." [Kanzul Akhyar]
Wallahu a'lam... [liFadlail al amal]
"Yaa Allah Bi Husnil Khatimah"
Ditarjamahkan dari kitab Durratun Nasihin, Bab Bayan Alam al Maut : 136

No comments:

Post a Comment

terimakasih komentarnya,, disarankan komentar sopan, dan setiap komentar ditanggung sendiri-sendiri