Sunday 21 July 2013

TAQWA

Taqwa
bismillah

adalah menjalankan perintah Allah Azza wa Jalla, dan menjauhi laranganNya dalam keadaan sembunyi dan ramai. Dan tidak sempurna taqwa seseorang kecuali dengan menjauhi perbuatan-perbuatan hina. Dan mengandung keutamaan, taqwa adalah suatu jalan seseorang yang mau menjalaninya dan suatu tali yang kuat yang bias menyelamatkan orang yang mau berpegang erat padanya.

Sebab-sebab taqwa
1. orang-orang yang memandang bahwa dirinya hanyalah orang yang hina, dan sesungguhnya Tuhannya Maha Kuat dan Maha Mulia. Dan tidak pantas bagi mahluk hina untuk mendurhakai Dzat yang Maha Mulia, karena kedudukan manusia dalam kekuasaanNya.

2. Seseorang mengingat kebaikan Allah kepadanya dalam seluruh keadaan, dan sebab itu tidaklah pantas bagi seseorang jika mengingkari nikmat Allah Ta’ala.

3. mengingat kematian, karena orang yang mengingat kematian tahu kalau dirinya akan menghadapi kematian, dan tahu bahwa masa depannya adalah surga dan neraka itu semua mendorong seseorang untuk melakukan amal-amal bagus semampu dirinya.

Beberapa amal salih yaitu : menggembirakan kaum muslimin dengan pandangan penuh kasih sayang dan berbuat kasih kepada orang yang memusuhinya jika ia mengharap kebagusan yang membuahkan taqwa.

Adapun buah Taqwa : kebaikan dunia dan akhirat.

1. Buah di dunia : tingginya derajat, sebutan bagus baginya, memperoleh cinta manusia, karena orang yang bertaqwa dimuliakan orang-orang kecil, dan disegani orang-orang besar, dan orang-orang yang berakal memandang bahwa orang yang bertaqwa lebih utama dengan kebaikan dan kasihnya.

2. Buah di akhirat : selamat dari neraka, beruntung masuk surga, Allah mencukupi kemulyaan bagi orang-orang yang bertaqwa dalam firmanNya : “sesungguhnya Allah bersama orang-orang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat baik”.

wallahu a'lam bissawab
disarikan dari kitab Taisirul Kholaq

No comments:

Post a Comment

terimakasih komentarnya,, disarankan komentar sopan, dan setiap komentar ditanggung sendiri-sendiri