Wednesday 13 November 2013

MALAIKAT YANG DATANG KE DALAM KUBUR SEBELUM MUNKAR DAN NAKIR

Diriwayatkan dari Abdullah ibn Salam : seorang malaikat akan menemui mayit sebelum Munkar dan Nakir, wajahnya berkilat seperti matahari, ia bernama "Ruman" , 

ia masuk dan duduk di samping mayat, dan berbicara padanya "tulislah apa yang sudah engkau perbuat berupa kebaikan dan keburukan !"
Ia pun menjawab : "bagaimana aku menulis, mana penaku, tintaku dan peralatanku?"

Malaikat pun menjawab : "ludahmu sebagai tintanya, telunjukmu sebagai penamu"

Ia bertanya "pada apa aku menulis, sedangkan aku tak mempunyai lembaran (kertas)?"

Rasulullah s.a.w melanjutkan cerita, : malaikat kemudian merobek kafannya selembar dan memberikan kepada si mayat dan berkata "ini lembaranmu, tulislah !"

Dia pun menulis apa yang ia kerjakan di dunia berupa kebaikan2, dan ketika sampai pada amal buruk, ia merasa malu.

Malaikat menegurnya, "wahai orang yang berbuat salah mengapa Engkau tiada malu kepada Tuhanmu ketika engkau melakukan itu di dunia, dan kini Engkau malu kepadaku?"

Malaikat pun mengangkat pemukul dan memukulkan kepadanya.
si Mayit berkata " angkatlah dariku, baiklah, aku akan menulisnya"
Ia kemudian menulis semua amal baik dan amal buruknya, malaikat lalu menyuruhnya melipat dan menyetempel, maka ia lipat dan bertanya "dengan apa aku menyetempelnya?"

Malaikat menjawab "dengan kukumu", ia pun menyetempel dengan kuku, dan ia menggantungkannya pada leher sampai hari kiamat seperti firman Allah Ta'ala :

"Dan tiap-tiap manusia itu telah Aku tetapkan amal perbuatannya pada lehernya. Dan Ku keluarkan baginya pada hari kiamat sebuah kitab yang dijumpainya terbuka." (QS. Al Isra' : 13).

setelah selesai malaikat Ruman, masuklah Malaikat Munkar & Nakir.
Seperti itulah ketika sang Pemaksiat melihat kitab catatannya (hasil observasi dan supervisi Rokib & Atid) di hari kiamat, dan kala Allah Ta'ala memerintah untuk membacanya, maka ia membaca kebaikannya dan apabila telah sampai pada catatan keburukan, maka ia diam.

Allah Ta'ala pun berfirman : kenapa kau berhenti membaca?, pemaksiat menjawab "aku malu padaMu" . Allah Ta'ala menimpali, "kenapa kau tidak malu (saat melakukannya) di dunia, dan sekarang kau malu (membacanya) karenaKu?".

Maka menyesal lah hamba pendosa tersebut dan penyesalannya tiada berguna, Allah Ta'ala berfirman : "Peganglah ia lalu belenggulah tangannya ke lehernya, kemudian masukkanlah ia ke dalam neraka yang menyala-nyala".(QS. Al Haaqqah:30-31).

#Wallauhu_a'lam      13/11/13  22:22
Ditarjamah oleh Komunitas Ngaji SPP dari kitab Daqoiqul Akhbar : Malaikat yang datang ke kubur sebelum Munkar & Nakir

No comments:

Post a Comment

terimakasih komentarnya,, disarankan komentar sopan, dan setiap komentar ditanggung sendiri-sendiri